Artikel

Cara settings keyboard android untuk bahasa Arab

    Dibaca 19107 kali Kurikulum

Tujuan tulisan ini adalah bagaimana cara melakukan settings on–screen keyboard pada perangkat android untuk penulisan bahasa arab. On-screen keyboard adalah keyboard virtual yang muncul saat kita ingin mengetik SMS, WA, BBM atau aplikasi lainnya. Di sini sifatnya hanya menambah fungsi keyboard android. Di samping bisa menulis huruf latin yang biasa kita gunakan selama ini, juga bisa digunakan untuk menulis huruf Arab atau bahasa yang lainnya seperti huruf China, Jepang atau lainnya. Di sini kita mencotohkan dengan penulisan untuk bahasa Arab.

Perlu kami garis bawahi bahwa, settings ini hanya menambah fungsi keyboard perangkat android TIDAK merubah bahasa perangkat android secara keseluruhan. Jika selama ini perangkat android anda menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris, dengan settings ini perangkat android anda tetap menggunakan bahasa Indonesia atau bahsa Inggris karena hanya menambah fungsi keyboard perangkat android anda saja.

Settings arabic keyboard on android

Ada dua cara untuk melakukan settings ini.

Cara 1:

  1. Dari menu klik Settings
  2. Di bawah bagian personal > Language & input
  3. Di bawah bagian Keyboard & input methods > Android Keyboard
    • Nama android keyboard berbeda-beda tergantung merk perangkat android:
      • Untuk Samsung > Samsung Keyboard
      • Untuk Asus > ZenUI Keyboard
      • Untuk lainnya tergantung merk perangkat android nya, umumnya namanya Android keyboard.
  4. Klik Input languages
  5. Secara default (bawaan perangkat android) pada “Use system language” tercentang atau ON. Klik bagian ini untuk menghilangkan tanda centang tersebut (Un-check). Jika “Use system language” masih tercentang, kita tidak bisa memilih atau mengaktifkan pilihan bahasa Arab atau lainnya.
  6. Di bawah bagian “Active input methods” klik atau centang Arabic atau bahasa lainnya. Selesai

Cara 2:

Buka aplikasi apa saja yang memunculkan on-screen keyboard pada perangkat android, seperti Note, SMS, WA, BBM dan lainnya.

  1. Pada keyboard yang muncul klik bagian Settings dengan ikon bergambar roda gigi. Atau klik bagian menu pada keyboard tersebut dengan ikon bergambar titik tiga vertikal, lalu klik keyboard settings.
  2. Klik Inputs language.
  3. Klik pada “Use system language” untuk menghilangkan tanda centang (uncheck) atau off-kan.
  4. Di bagian “Active input methods” pilih Arabic atau lainnya.

Jika ingin kembali ke settings semula, keyboard hanya berfungsi untuk penulisan huruf latin saja, anda tinggal mengatifkan atau memberi tanda centang pada “Use System language”. Jika ini dicentang atau aktif, maka scara otomastis bahasa tambahan seperti Arabic atau lainnya akan terhapus atau tidak aktif.

Memperbesar huruf-huruf pada keyboard

Huruf arab sangat banyak dan kompleks apalagi jika ditambah dengan penulisan harakatnya. Untuk mempermudah penulisan huruf arab dengan keyboard sebaiknya huruf-huruf arab pada keyboard diperbesar.
Caranya:

  1. Masuk ke Keyboard settings, (Android keyboard/ZenUI Keyboard/Samsung Keyboard)
  2. Klik Advanced settings
  3. Klik “Larger characters” untuk memberi tanda centang atau mengaktifkannya

Hasilnya, huruf-huruf pada keyboard terlihat lebih tebal dan sedikit lebih besar.

Memperbesar hasil tulisan pada layar

Hasil penulisan huruf Arab sangat rapat karena secara otomatis huruf-huruf akan tersambung dengan huruf sebelumnya. Tanda titik pada huruf-huruf tertentu seperti huruf Ya, Ta, Tsa dan lainnya, atau tanda harakat, tanwin, sukun dan lainnya akan terlihat sangat kecil. Agar tulisan bahasa arab terlihat lebih jelas lengkap dengan tanda-tandanya, perlu juga diperbesar hasil penulisan pada layar. Di sini kita hanya perlu memberbesar karakter layar secara keseluruhan.

Caranya:

  1. Dari menu awal, Klik Settings
  2. Di bawah bagian Device, klik Display
  3. Klik Font size, pilih atau centang Large atau Huge. Terlihat perubahan besarnya tulisan pada layar.

Silahkan lihat hasil tulisan dalam bahasa Arab dan bandingkan dengan sebelumnya. Settings ini hanya jika diperlukan saja, jika anda sudah terbiasa dengan penulisan huruf Arab gundul, settings ini tidak diperlukan lagi.