Artikel

Penilaian Akhir Semester Tahun Pelajaran 2022/2023 Semester Ganjil

    Dibaca 748 kali

Terhitung mulai hari Kamis, 1 Desember 2022, Madrasah Aliyah Negeri 3 Ngawi memulai pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) dan akan berakhir hari Jumat, 9 Desember 2022 mendatang. Kegiatan yang akan diikuti oleh 521 siswa yang terbagi dalam 20 ruang ujian adalah bagian penting dalam upaya mengetahui daya serap terhadap masing-masing siswa dan kemampuan guru dalam penyajian kompetensi sesuai kurikulum yang berlaku. Ketua panitia pelaksana, Moh. Yunus, M. Pd. mengungkapkan bahwa pelaksanaan Penilaian Akhir Semester bertujuan untuk mengukur keberhasilan materi yang telah disampaikan guru pada saat proses kegiatan pembelajaran (KBM) selama kurang lebih 5 bulan sebelumnya. Selain itu pelaksanaan penilaian ini juga untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam penguasaan materi yang telah diajarkan selama ini.

Penilaian Akhir Semester (PAS) Madrasah Aliyah Negeri 3 Ngawi dilaksanakan berbasis komputer dan smartphone dengan menggunakan aplikasi Moodle. Tujuan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester berbasis komputer adalah agar pelaksanaan penilaian menjadi lebih efektif dan efisien karena skor yang diperoleh siswa dapat langsung terdata pada komputer server sehingga selain menghemat biaya penggandaan soal, guru jadi lebih mudah dalam mengoreksi jawaban dan mengolah nilai.

Ketersediaan jaringan wifi yang cukup memadai diharapkan mampu memfasilitasi pelaksanaan Penilaian Akhir Semester. Bagi siswa yang mengalami kendala dengan smart phonenya, madrasah menyediakan komputer di laboratorium komputer. Jumlah komputer yang tersedia pun juga diharapkan mampu mengatasi kendala tersebut sehingga baik siswa yang menggunakan smartphone maupun komputer dapat bersama-sama mengerjakan soal di Moodle dengan lancar dan mendapatkan hasil nilai yang sesuai harapan.